Tujuan penelitian tindakan kelas (PTK) ini untuk meningkatkan kemampuan memahami pembelajaran menyimak siswa kelas VIII.2 SMP Nusa Dua yang berjumlah 28 orang dalam kompetensi pengetahuan Bahasa Indonesia dengan menggunakan model kooperatif tipe Student Teams – Achievement Divisions (STAD). Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu nilai rata – rata 70 dan ketuntasan belajar minimal 85%. Penelitian menggunakan instrument pengumpulan data seperti observasi dan tes uraian. Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan metode deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan ketuntasan klasikal hasil nilai siswa dari pra siklus ke siklus I serta siklus II. Ini dapat dilihat dari hasil ketuntasaan klisikal siswa pada pra- siklus mencapai 53,57%, siklus I mencapai 68,75%, dan siklus II mencapai 100%, dengan nilai rata – rata pada pra – siklus 62,50, siklus I 68,75 dan siklus II 85,71. Dengan ini peneliti membuktikan bahwa dengan metode STAD dapat meningkatkan nilai siswa dan membantu siswa mencapai ketuntasan belajar.
Copyrights © 2021