Penelitian ini termasuk ke dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Negeri 4 Tembuku yang dimana hasil belajar membaca siswa yang masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar membaca siswa melalui penggunaan media kartu huruf bergambar. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Metode analisis data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dan kuantitatif dengan kriteria keberhasilan terjadinya peningkatan hasil belajar membaca siswa dengan mencapai ketuntasan klasikal sebesar 80% (KKM 70). Hasil yang diperoleh di dalam penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar membaca siswa pada siswa kelas I SD Negeri 4 Tembuku melalui penggunaan media kartu huruf bergambar. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan siswa tentang hasil belajar mebaca siswa siswa pada data awal sebesar 27,27%. Kemudian ketuntasan membaca siswa meningkat pada siklus I menjadi 54,55% dengan rerata hasil membaca adalah 86,3 tetapi belum memenuhi kriteria yang diharapkan. Baru pada siklus ke II terjadi peningkatan ketuntasan membaca siswa mencapai nilai 81,82 dengan rerata hasil membaca siswa mencapai 95,4 dan memenuhi kriteria peneliti.
Copyrights © 2019