Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 1 (2023)

Efektivitas Penggunaan Sistem Informasi Perangkat Pembelajaran dalam Membuat Penilaian Pembelajaran di PAUD

Nadhifah Rahmadini Hidayat (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Al Azhar Indonesia)
Rohita Rohita (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Al Azhar Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2023

Abstract

Sistem informasi perangkat pembelajaran (SIPP), merupakan sebuah system yang ditujukan untuk memudahkan guru dalam melakukan input penilaian hasil pembelajaran. Dengan berbasis pada website, guru dapat melakukan penilaian menggunakan metode observasi berupa ceklis, penugasan, hasil karya, dan catatan anekdot. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan SIPP dalam membuat penilaian hasil pembelajaran di lembaga PAUD. Metode penelitian ini adalah kuantitatif, dengan analisis statistik deskriptif yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Kuesioner diberikan dengan menggunakan skala likert. Populasinya adalah guru-guru berjumlah 30 orang dari 13 lembaga PAUD wilayah Jakarta Selatan dan Depok yang mengikuti kegiatan sosialisasi dan menggunakan SIPP dalam membuat penilaian hasil pembelajaran. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan SIPP tergolong ke dalam kategori efektif. Efektifnya SIPP dalam membuat penilaian hasil pembelajaran, diharapkan dapat menjadi alternatif bagi guru dalam menyelesaikan salah satu tugasnya yaitu melakukan penilaian.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...