Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap pengendalian emosi siswa kelas VIII SMP N 4 Wanayasa Banjarnegara. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experimental Design dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Subjek penelitian berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket pengendalian emosi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa pengendalian emosi siswa sebelum diberikan treatment berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama berada pada kategori rendah. Sedangkan setelah diberikan treatment mengalami peningkatan 13,7%. Berdasarkan hasil analisis statistik uji t-test pada taraf signifikan 5% sebesar = 2,101 diperoleh = 6,4863 > = 2,010. Dengan demikian layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama berpengaruh terhadap pengendalian emosi siswa SMP N 4 Wanayasa Banjarnegara. Dari hasil tersebut, disimpulkan bahwa bimbingan kelompok teknik sosiodrama berpengaruh terhadap pengendalian emosi siswa kelas VIII SMP N 4 Wanayasa Banjarnegara.
Copyrights © 2023