Jurnal Visi Ilmu Pendidikan
Vol 15, No 1 (2023): Januari 2023

Identifikasi Permasalahan Akademik Pada Mahasiswa FKIP - UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Luhur Wicaksono (Prodi Bimbingan dan Konseling FKIP-Univ Tanjungpura)
Andini Linarsih (Prodi Bimbingan dan Konseling FKIP-Univ Tanjungpura)
Amallia Putri (Prodi Bimbingan dan Konseling FKIP-Univ Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2023

Abstract

Permasalahan akademik merupakan kendala berkaitan dengan perkuliahan ketika individu menjadi mahasiswa, sampai ia selesai menjadi seorang sarjana. Berdasarkan faktor penyebabnya, maka permasalahan akademik dapat berasal dari komponen internal (KI) dan komponen eksternal (KE) Permasalahan Akademik pada Mahasiswa FKIP-Untan menjadi tujuan penelitian, agar dapat menjadi sumber informasi dalam pengembangan program-program Layanan Bimbingan dan Konseling. Rancangan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengidentifikasi permasalahan akademik mahasiswa, dinamakan Inventori Ungkap Masalah Akademik Mahasiswa (IUMAM). Aspek-aspek dalam IUMAM, meliputi: Komponen Internal (KI), dan Komponen Eksternal (KE). Hasil Penelitian dari 91 Responden, menunjukkan bahwa Permasalahan Akademik mahasiswa FKIP Untan secara umum, tergolong Sangat Rendah (24,44%). Permasalahan yang bersumber pada Komponen Internal (KI), termasuk kategori Sangat Rendah (25,32%). Lebih lanjut, untuk Permasalahan Akademik yang bersumber dari Komponen Eksternal (KE), juga temasuk kategori Sangat Rendah (23, 27%) Kata kunci: Permasalahan Akademik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jvip

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Visi Ilmu Pendidikan published manuscripts on research in education, particularly related to teaching and learning, theory and practice in education, education policy, curriculum and materials development, education on culture and characters of nation, teacher education, and other relevant ...