Kemampuan fisik motorik halus merupakan salah satu kemampuan yang diharapkan dapatberkembang pada proses pembelajaran di PAUD. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui peningkatan keterampilan motorik halus anak usia 4 - 5 tahun setelah distimulasidengan kegiatan finger painting. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakanmetode sampel jenuh (nonprobability sampling). Penelitian ini menggunakan observasi untukmengamati dan mengukur proses pembelajaran, mengevaluasi proses pembelajaran dan menguji keterlaksanaan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengandesain pra – eksperimen (pre – exsperimental) dan model design one – group pre – test post –test. Penelitian ini dianalisis menggunakan Uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Penelitian inidilakukan terhadap 10 anak dengan memberikan pre-test dan post-test, dengan hasilmenunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara skor pre-test dan post-test dimana skor Pretest< Posttest. Hasil uji N-gain menunjukkan skor sebesar 0,42 dengan kriteria sedang. Hasil inimenunjukan bahwa kegiatan finger painting dapat menstimulasi peningkatan kemampuan fisik motorik halus anak.
Copyrights © 2022