Manajemen perubahan sangat diperlukan karena suatu perubahan dapat merubah cara pandang seseorang atau merubah suatu pola dan bergantinya segala macam hal yang mana tujuannya adalah untuk merubah hasil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen perubahan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini adalah SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta mampu mengimplementasikan perubahan manajemen dalam pembelajaran PAI. Penyebab dari perubahan itu adalah akibat dari trend, krisis, teknologi, dan gaya hidup.Perubahan tersebut dapat dilihat bahwa sekolah berhasil membuat dan melaksanakan program serta manajemen baru untuk meningkatkan pembelajaran PAI setelah pandemi. Hal ini digunakan untuk memberi solusi yang diperlukan untuk sukses dengan cara terorganisasi dan melalui metode pengelolaan dampak pada individual atau organisasi yang ada di dalamnya.
Copyrights © 2022