Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Vol 4, No 03 (2022): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam

MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN AL-QUR’AN METODE UMMI DI SDIT NUR HIKMAH BEKASI

Achmad Tarmizi (Institut PTIQ Jakarta)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan pola manajemen mutu pendidikan Al-Qur’an metode Ummi di SDIT Nur Hikmah Bekasi. Jenis penelitian ini didesain menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode deskriptif kualitatif, penulis langsung mengamati kegiatan pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Nur Hikmah Bekasi, serta mengamati secara langsung fenomena atau peristiwa yang juga didukung dengan dokumen-dokumen kegiatan yang telah di program baik berupa data maupun arsip-arsip. Temuan penelitian diantaranya Manajemen Mutu Pendidikan Al-Qur’an Metode Ummi di SDIT Nur Hikmah Bekasi terdiri dari: a) Fokus pada kostumer, b) Keterlibatan total stakeholder sekolah, c) Pengukuran mutu lulusan dengan quality Assurance, d) Komitmen pada 3 kekuatan mutu metode Ummi yaitu: metode bermutu, guru bermutu dan sistem berbasis mutu, e) Perbaikan berkelanjutan dengan memfokuskan visi SDIT Nur Hikmah Bekasi pada pembentukan bacaan dan hafalan Al-Qur’an peserta didik, perbaikan kemampuan bacaan dan hafalan guru, Implementasi 7 Program Dasar Metode Ummi yaitu tashih, tahsin, sertifikasi, coach, supervisi, munaqasyah dan khataman. Hasil penelitian ini juga menunjukan Penerapan sistem mutu pendidikan Al-Qur’an metode Ummi di SDIT Nur Hikmah Bekasi memiliki implikasi  pada peningkatan  kemampuan belajar Al-Qur’an siswa secara berkualitas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

andragogi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Andragogi adalah jurnal yang di terbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Institut PTIQ Jakarta. Fokus kajian adalah manajemen pendidikan Islam dan pendidikan Islam. ...