Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan pola manajemen mutu pendidikan Al-Qur’an metode Ummi di SDIT Nur Hikmah Bekasi. Jenis penelitian ini didesain menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode deskriptif kualitatif, penulis langsung mengamati kegiatan pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Nur Hikmah Bekasi, serta mengamati secara langsung fenomena atau peristiwa yang juga didukung dengan dokumen-dokumen kegiatan yang telah di program baik berupa data maupun arsip-arsip. Temuan penelitian diantaranya Manajemen Mutu Pendidikan Al-Qur’an Metode Ummi di SDIT Nur Hikmah Bekasi terdiri dari: a) Fokus pada kostumer, b) Keterlibatan total stakeholder sekolah, c) Pengukuran mutu lulusan dengan quality Assurance, d) Komitmen pada 3 kekuatan mutu metode Ummi yaitu: metode bermutu, guru bermutu dan sistem berbasis mutu, e) Perbaikan berkelanjutan dengan memfokuskan visi SDIT Nur Hikmah Bekasi pada pembentukan bacaan dan hafalan Al-Qur’an peserta didik, perbaikan kemampuan bacaan dan hafalan guru, Implementasi 7 Program Dasar Metode Ummi yaitu tashih, tahsin, sertifikasi, coach, supervisi, munaqasyah dan khataman. Hasil penelitian ini juga menunjukan Penerapan sistem mutu pendidikan Al-Qur’an metode Ummi di SDIT Nur Hikmah Bekasi memiliki implikasi pada peningkatan kemampuan belajar Al-Qur’an siswa secara berkualitas.
Copyrights © 2022