Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol. 4 No. 2 (2023)

Analisis Kesalahan Perubahan Bunyi Bahasa Indonesia pada Tuturan Mahasiswa BIPA Tingkat Pemula di Universitas Muhammadiyah Malang

Carmitha, Inez (Unknown)
Arif Budi Wurianto (Unknown)
Sudjalil (Unknown)
Hakimi, Abdul Qadir (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan perubahan bunyi dan faktor penyebab terjadinya perubahan bunyi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data penelitian didasarkan pada pembelajaran keterampilan berbicara selama 9x pertemuan dari 12x pertemuan dengan durasi 30 menit. Sumber data penelitian didasarkan pada hasil rekaman video Zoom Meeting proses pembelajaran berbicara mahasiswa BIPA tingkat pemula berjumlah 1 mahasiswa asal Mesir dan 2 mahasiswa asal Uzbekistan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik rekam, simak, dan catat. Analisis data yang digunakan ialah analisis kesalahan (error). Hasil penelitian yang didapat yaitu, kesalahan perubahan bunyi ditemukan data bentuk perubahan asimilasi, data bentuk modifikasi vokal, data bentuk anaptiksis bunyi epentesis, data bentuk anaptiksis bunyi paragog, data bentuk zeroisasi bunyi sinkope, data bentuk zeroisasi bunyi apokope, data bentuk perubahan monoftong, data bentuk lenisi. Ditemukan faktor penyebab terjadinya perubahan bunyi asimilasi, modifikasi vokal, anaptiksis, zeroisasi, monoftong, dan lenisi, sehingga pendidik dapat memberikan latihan secara khusus kepada mahasiswa asal Mesir dan Uzbekistan dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Dampak dari perubahan bunyi tersebut mengakibatkan perbedaan arti dan pengucapan yang tidak tepat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ghancaran

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini menerima kontribusi dalam bidang linguistik, sastra dan pengajaran dari berbagai perspektif, misalnya: pengajaran dan pembelajaran bahasa pertama, kedua, dan asing; bahasa dan sastra dalam pendidikan; perencanaan bahasa, pengujian bahasa; desain dan pengembangan kurikulum; multibahasa dan ...