Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan
Vol 11, No 2 (2022): JURNAL SERUNAI ADMINISTRASI PENDIDIKAN (JSAP) OKTOBER 2022

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI BELAJAR KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP AN-NADWA ISLAMIC CENTER BINJAI

Hamidah Darma (STKIP BUDIDAYA BINJAI)
Julkifli Julkifli (Unknown)
Ismail Ismail (Unknown)
Fitria Ramadani (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalu model pembelajaran E-Learning  dengan menggunakan strategi belajar  kooperatif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Jenis Penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian merupakan siswa kelas VII SMP An-Nadwa Islamic Center Binjai sedangkan objek pada penelitian yaitu upaya meningkatkan motivasi belajar  siswa. Teknik pengumpulan data  yang digunakan melalui observasi,  wawancara dan dokumentasi.  Analisis data  dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah : (1)  Terjadinya peningkatan motivasi belajar pada siswa SMP An – Nadwa Islamic Centre Binjai dengan rata – rata peningkatan motivasi dari siklus I sebesar 80,29 (kategori termotivasi), pada siklus II sebesar 88,29 (kategori sangat termotivasi). (2) Persentase keberhasilan pembelajaran pada siswa yang memenuhi kriteria motivasi belajar tinggi atau sangat tinggi juga mengalami peningkatan yakni dari 48,14% pada siklus I menjadi 88,88% pada siklus II dalam penerapan model pembelajaran e – learning dengan menggunakan strategi belajar kooperatif di SMP An – Nadwa Islamic Centre Binjai.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jc

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal serunai Administrasi Pendidikan merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala 6 Bulan sekali sebagai sarana publikasi bagi Dosen-dosen prodi Administrasi ...