Usia dini merupakan masa keemasaan (golden age) bagi anak-anak, karena pada usia ini anak-anak pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental yang luar biasa. Pada masa ini juga merupakan periode pembentukan watak, kepribadian dan karakter. Usia dini juga menjadi masa terpenting bagi anak, karena merupakan masa pembentukan kepribadian yang utama. Oleh karena itu, penting diberikan stimulus pendidikan agama sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pengembangan kurikulum pembelajaran agama Islam di TK Islam Terpadu Al-Farabi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data ini diperoleh dari referensi ilmiah kredibel berupa buku dan artikel ilmiah. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Konsep pengembangan kurikulum PAI di pendidikan anak usia dini; (2) Penerapan konsep pendidikan agama Islam pada pendidikan anak usia dini; (3) Perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam; (4) Implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam di pendidikan anak usia dini. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam adalah keseluruhan kegiatan pendidikan yang meliputi pembimbingan, pembinaan dan pengembangan potensi diri manusia sesuai dengan bakat, kadar kemampuan dan keahlian masing-masing yang bersumber dan bemuara kepada Allah swt.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023