Keputusan berkunjung dipengaruhi berbagai faktor, salah satunya adalah electronic word of mouth (e-wom). Sosial media memiliki peranan dalam electronic word of mouth. instagram merupakan salah satu sosial media dengan pengguna terbanyak saat ini setelah facebook. Dimensi electronic word of mouth adalah intensity, valence of opinion, content. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dimensi e-wom (intensity, valence of opinion, content) pada instagram terhadap keputusan berkunjung wisatawan Kawasan Perkampungan Budaya Betawi (KPBB) Setu Babakan sehingga dapat memberi kontribusi keilmuan pada sektor pariwisata dan memberi dampak peningkatan ekonomi yang signifikan bagi daerah sekitarnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan verifikatif. Dalam penelitian ini, populasi adalah pengunjung obyek wisata dan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria responden yang pernah melakukan kunjungan dan telah mem-follow instagram KPBB Setu Babakan. Untuk menguji hipotesis penelitian digunakan metode statistik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tiga dimensi, hanya dimensi valence of opinion yang tidak signifikan terhadap keputusan berkunjung dibandingkan dimensi intensity dan content. Secara simultan dimensi E-WOM berpengaruh signifikan terhadap kunjungan wisatawan. Nilai koefisien determinan sebesar 55,60% dimana nilai tersebut dapat diinterpretasikan bahwa pengaruh dimensi E-WOM dari instagram efektif sebagai platform media sosial terhadap keputusan berkunjung wisatawan KPBB Setu Babakan.
Copyrights © 2022