Berpikir kritis ialah salah satu bagian dari hasil yang didapatkan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran pada tahapan aspek kognitifnya. Pengunaan model pembelajaran untuk mempengaruhi tingkat berpikir kritis peserta didik harus yang efektif dan menaraik. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk melihat pengaruh pengunaan GBL terhadap berpikir kritis siswa-siswi di mata pelajaran IPA materi Gaya di SDN 060811. Jenis penentian yang dipakai adalah penelitian kuantitatif dengan jenis Eksperimen dan bentuk Quasi Eksperimental Design. Instrument yang dipakai dipenelitian ini berbentuk tes uraian. Pada penelitian ini melakukan perlakukan yang berbeda diantara kelas ekperimen dengan kelas kontol. Subyeknya yaitu kelas IVA dan IVB SDN 060811. Masing-masing kelas kontrol dan eksperimen berjumlah 35 orang dan akan sama-sama melawati soal pretest dan postest. Penelitian ini memakai analisis data uji t, dengan hasil terdapat pengaruh positif terhadap perlakuan pada model pembelajaran Game Based Learning.
Copyrights © 2022