Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 4, No 1 (2022)

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN RODA PINTAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA HIDUP SEHAT DAN BERSIH DI TEMPAT UMUM SISWA KELAS II SDN 106815 DELI SERDANG

Forman Teddoh Marito Hasugian (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2022

Abstract

Hakikat motivasi belajar adalah “dorongan internal dan eksternal pada siswa-siswa yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku. Adapun masalah yang penulis temukan melalui penggunaan media pembelajaran roda pintar terhadap motivasi belajar siswa di SDN 106815 , diperoleh data yang menunjukkan penggunaan media pembelajarannya roda pintar cukup baik dan motivasi belajar siswa juga tergolong cukup baik. Rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan media pembelajaran roda pintar mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi hidup sehat dan bersih di lingkungan umum di kelas II SDN 106815 Deli Serdang. Penelitian yang peneliti lakukan merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Hasil analisa data penulis menggunakan rumus dan hasil yang diperoleh (X2) yaitu 12,04 lebih besar dari Chi Kuadrat tabel pada taraf signifikan 5% pada df atau db = 4 yaitu 9,488, dengan demikian harga Chi Kuadrat hitung lebih besar dari harga Chi Kuadrat tabel pada taraf signifikan 5% karenanya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif antara pengaruh penggunaan media pembelajaran roda pintar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia di SDN 106815. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

trapsila

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal Trapsila focuses on theoretical issues and pedagogical practices in elementary education. The Journal welcomes submissions on all aspects of Elementary Education in the form of articles that report original research, analyze practice, discuss local and national policy and initiatives, offer ...