Jurnal Kependidikan
Vol. 7 No. 2 (2023): Jurnal Kependidikan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI SD

Wiwi Noviati (Pendidikan Biologi, Universitas Samawa)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2023

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 6 Sumbawa Besar pada pembelajaran IPA menyebabkan perlunya guru memiliki keterampilan untuk dapat kreatif melaksanakan pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil evaluasi pengetahuan IPA siswa kelas 6 pada pelajaran IPA masih terhitung rendah. Tujuan kegiatan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran problem based learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Desain penelitian dilakukan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes essay pada masing – masing siklus. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dikatakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA dengan persentase ketuntasan 92%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kependidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Kependidikan adalah jurnal ilmiah yang berisikan informasi dan menyebarluaskan hasil peneltian, studi letaratur, ide-ide atas karya inovatif di bidang pendidikan dan pembelajaran yang mampu memberikan konstribusi positif di bidang pendidikan bagi sekolah maupun perguruan tinggi menjadi fokus ...