Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 2 No 3: Desember 2022

Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Nilai Karakter Di Kelas II Tema 1 Subtema 2 SDN Dadaprejo 01 Kota Batu

Anwar, Moh. Farid Nurul (Unknown)
Widodo, Wahyu (Unknown)
Rozana, Kardiana Metha (Unknown)
Yani, Yani (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2022

Abstract

Penelitian dan Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Nilai Karakter di Kelas II Tema 1 Subtema 2 SDN Dadaprejo 01 Kota Batu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul yang valid dan efektif. Skripsi ini mengunakan prosedur motifikasi Borg and Gall. Langkah-langkah Borg and Gall yaitu Potensi dan Masalah, Pengumpulan Modul, Desain produk, Validasi Desain, Uji Coba, Revisi Produk, Uji Pemakaian, Revisi Desain, Revisi, Produk Valid & Efektif. Produk yang dikembangkan adalah Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Nilai Karakter karena pendidikan belum pernah mengunakan bahan ajar berupa modul. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai rata-rata penilian uji validasi materi ( 60%/90%),ahli desain (76%/80%) dan ahli bahasa (80%/82%) persentase yang berarti sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi dari para ahli. Respon guru dan siswa sebagai responden kemenarikan, respon guru dan siswa rata-rata 81,6% pesentase sangat efektif atau dapat digunakan tanpa revisi selanjutnya hasil penilaian sikap toleransi siswa terhadap modul 82,5% persentase sangat efektif atau dapat digunakan tanpa revisi. Dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran dapat membantu siswa dalam mengembangkan nilai-nilai karakter yang ada disekolah maupun dilingkungan, sehingga Modul berbasis Nilai karakter ini layak digunakan sebagai buku penunjang membantu guru dan siswa pada proses belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pendagogia

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar berfokus pada isu-isu utama dalam Belajar dan Pembelajaran, Penilaian dan Evaluasi, Metode Pembelajaran, Media Pembelajaran, konten pelajaran pengembangan di sekolah dasar (Bahasa Indonesia, Sains, IPS, Matematika, PPKn, Pendidikan Seni), Bimbingan dan Konseling, ...