Penelitian dan Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Nilai Karakter di Kelas II Tema 1 Subtema 2 SDN Dadaprejo 01 Kota Batu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul yang valid dan efektif. Skripsi ini mengunakan prosedur motifikasi Borg and Gall. Langkah-langkah Borg and Gall yaitu Potensi dan Masalah, Pengumpulan Modul, Desain produk, Validasi Desain, Uji Coba, Revisi Produk, Uji Pemakaian, Revisi Desain, Revisi, Produk Valid & Efektif. Produk yang dikembangkan adalah Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Nilai Karakter karena pendidikan belum pernah mengunakan bahan ajar berupa modul. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai rata-rata penilian uji validasi materi ( 60%/90%),ahli desain (76%/80%) dan ahli bahasa (80%/82%) persentase yang berarti sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi dari para ahli. Respon guru dan siswa sebagai responden kemenarikan, respon guru dan siswa rata-rata 81,6% pesentase sangat efektif atau dapat digunakan tanpa revisi selanjutnya hasil penilaian sikap toleransi siswa terhadap modul 82,5% persentase sangat efektif atau dapat digunakan tanpa revisi. Dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran dapat membantu siswa dalam mengembangkan nilai-nilai karakter yang ada disekolah maupun dilingkungan, sehingga Modul berbasis Nilai karakter ini layak digunakan sebagai buku penunjang membantu guru dan siswa pada proses belajar.
Copyrights © 2022