Prosiding University Research Colloquium
Proceeding of The 16th University Research Colloquium 2022: Bidang Sosial Ekonomi dan Psikologi

Analisis Pengaruh Sertifikat Halal, Variasi Produk, dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen

Silfia Anike Putri (STIE Muhammadiyah Cilacap)
Rustina Dewi Werdiasih (STIE Muhammadiyah Cilacap)
Nandang Bekti Karnowati (STIE Muhammadiyah Cilacap)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2023

Abstract

Produk yang memiliki sertifikasi halal saat ini menjadi alternatif bagi konsumen dalam memilih produk. Meningkatnya permintaan produk kesehatan dan kecantikan di pasar dalam negeri dengan kecenderungan masyarakat semakin memperhatikan kebutuhan primer akan produk kesehatan, sehingga meningkatkan permintaan akan produk kesehatan dan kecantikan yang bersertifikat halal, berkualitas baik dan bervariasi. PT Natural Nucantara (NASA) merupakan salah satu produsen produk kesehatan dan kecantikan yang memiliki sertifikasi halal LPPOM MUI. Selain itu, produk NASA yang laris memiliki kualitas produk yang unggul dan bervariasi menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk tertarik membeli produk NASA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan kausal dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Hasil analisis menunjukkan sertifikasi halal tidak berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Sedangkan variasi produk dan kualitas produk secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli. Secara simultan sertifikasi halal, variasi produk dan kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli konsumen.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

proceeding

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology

Description

University Research Colloquium (URECOL) merupakan forum seminar nasional yang memberikan kesempatan untuk diseminasi, diskusi, dan mendapatkan follow up atas luaran penelitian maupun pengabdian kepada ...