Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan trasnformasional terhadap kepercayaan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kausal. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 200 orang guru yang dipilih berdasarkan teknik random sederhana (simple random sampling), dan 40 guru dijadikan sebagai uji coba. Penelitian ini terhadap guru Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Pekanbaru. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner. Instrumen ini dikalibrasi dengan item uji validitas dan koefisien reliabilitas. Uji validitas menggunakan Pearson Product Moment, sedangkan penghitungan reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan transformasional terhadap kepercayaan. Implikasi dari penelitian ini adalah upaya dalam meningkatkan kepercayaan dapat dilakukan melalui peningkatan kepemimpinan trasnformasional.
Copyrights © 2023