Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora
Vol. 2 No. 4 (2022): Desember : Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora

PENDEKATAN DAN STRATEGI PENDIDIKAN NILAI KARAKTER DI SEKOLAH UMUM

Fakhrun Nisa (Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga)
Junedi Junedi (Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga)
Mukh Nursikin (Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2023

Abstract

Pentian ini bertujuan untuk menggambarkan secara mendalam tentang pendekatan dan strategi pendidikan nilai dan karakter yang ada di sekolah umum. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku-buku dan artikel ilmiah. Hasil penelitian adalah bahwa dalam melaksanakan pendidikan nilai dan karakter di sekolah umum perlu adanya beberapa pendekatan dan strategi yaitu pendekatan keteladanan, inspiratif, internalisasi nilai, perkembangan moral kognitif, analisis nilai, klasifikasi nilai, dan pembelajaran berbuat. Beberapa pendekatan dan strategi tersebut kemudian diimplementasikan ke dalam kegiatan pembelajaran di dalam maupun luar kelas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Khatulistiwa

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Akademi Veteran Purwokerto. Jurnal ini adalah jurnal studi ilmu-ilmu Sosial humaniora dan pendidikan yang bersifat peer-review dan terbuka. Bidang kajian dalam jurnal ini termasuk linguistik, sastra, filsafat, psikologi, ...