AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
Vol 12, No 2: Desember 2022

ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SMP DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PROSES BERDASARKAN PERBEDAAN GAYA BELAJAR

Roikhatul Jannah (Universitas Muhammadiyah Gresik)
Nur Fauziyah (Universitas Muhammadiyah Gresik)
Syaiful Huda (Universitas Muhammadiyah Gresik)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematika peserta didik dalam pembelajaran berdiferensiasi pada proses berdasarkan perbedaan gaya belajar peserta didik serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara peserta didik yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan peserta didik yang menerapkan pembelajaran non berdiferensiasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B dan VII C SMP Darul Islam Gresik. Data diperoleh dari instrumen yang berupa angket gaya belajar untuk mengelompokkan peserta didik sesuai dengan gaya belajar yang dimiliki masing-masing peserta didik serta berupa tes soal pemahaman konsep matematika untuk mengetahui nilai hasil tes dari peserta didik. Nilai yang diperoleh peserta didik akan dilakukan pengujian hipotesis menggunakan Independent Sample T Test dengan bantuan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika antara peserta didik yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan peserta didik yang menerapkan pembelajaran non berdiferensiasi dengan Sig.(2-tailed) lebih kecil dari taraf signifikan (0,000<0,025) sehingga H1 diterima.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

AdMathEdu

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Admathedu is a peer-reviewed open access journal published twice in a year (June and December) since 2011. The Admathedu aims to provide an national forum for researchers and professionals to share their ideas on all topics related to mathematics ...