Jambura Early Childhood Education Journal
Vol 5 No 1 (2023): Jambura Early Childhood Education Journal

Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Perilaku Sosial Anak Usia 5–6 Tahun

Dewi, Dewi Kurnia (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara interaksi teman sebaya dengan perilaku sosial anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan metode korelasi yang dilaksanakan di TK Se-Kelurahan Sumurpecung Kota Serang Provinsi Banten dengan populasi penelitian 161 anak, Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan rumus taro Yamane sebanyak 62 anak. Data variabel interaksi teman sebaya dan perilaku social anak usia 5-6 tahun diukur dengan kuesioner. Data tersebut kemudian dianalisis dengan Pearson Product Moment. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji korelasi bahwa didapatkan nilai korelasi sebesar 0,444 dengan kriteria sedang dengan interval 0,40-0,599. Dengan kesimpulan bahwa interaksi teman sebaya secara positif memiliki hubungan terhadap perilaku sosial dengan kriteria sedang. Dan nilai koefisien determinasi 0,197 dengan persentase 19,7%. Berdasarkan hasil penelitian tentang interaksi teman sebaya dengan perilaku sosial anak usia 5-6 tahun, bahwa terhadap hubungan yang signifikan antara interaksi teman sebaya dengan perilaku sosial anak usia 5-6 tahun. Hal ini ditunjukkan dengan peroleh nilai > (3,842 > 1,670) dan nilai sig <0,05 (0,000 < 0,05), maka Hipotesis diterima. Maka terdapat hubungan yang signifikan antara interaksi teman sebaya dengan perilaku sosial anak usia 5-6 tahun.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jecej

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jambura Early Childhood Education Journal is a journal that focuses on early childhood studies, discussing parents-child relationship, multiple intelligences, and pedagogies. This journal is published by the Education Teacher and Early Childhood Education Department, Gorontalo State University, ...