Proceeding Seminar LPPM UMP Tahun 2014
2014: Proceeding Seminar Hasil Penelitian LPPM 2014, 6 September 2014

Kemampuan Membaca Teks Berita Dengan Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Sarwidi, Mr ( Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Praptanti, Isnaeni ( Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2014

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui  kemampuan membaca teks berita menggunakan model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) bagi mahasiswa PBSI. Data yang terkumpul dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil evaluasi atau hasil tes formatif setelah selesai tindakan berupa nilai hasil belajar yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif atau menggunakan analisis statistic deskriptif nilai rata-rata dan presentase keberhasilan belajar.Sedangkan data kualitatif yaitu data yang berupa informasi berbentuk kalimat yang memberi gambaran aktivitasmahasiswa dalampembelajaran(kognitif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca teks berita dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) berbasis pendekatan saintifik pada mahasiswa PBSI UMP berkategori cukup. Hasil kemampuan mahasiswa dalam memahami kata sebesar 79,5% kategori baik, menyarikan butir-butir teks sebesar 80% kategori baik, memahami pengembangan argument sebesar 70,73% kategori cukup, memahami informasi sebesar 63,86% kategori cukup, mengulas informasi sebesar 54% kategori rendah, menyimpulkan informasi sebesar 53,3% kategori rendah dan menanggapi isi teks sebesar 80,37% kategori baik. Kata Kunci: Kemampuan Membaca Teks Berita, Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) 

Copyrights © 2014