Jurnal Pendidikan
Vol 5 No 1 (2023): Pedagogos : Jurnal Pendidikan

Analisis Kemampuan Komunikasi Visual Verbal Matematis dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa MAN 02 Kota Bima

Dewi Silviana (STKIP Bima)
Mikrayanti Mikrayanti (STKIP Bima)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2023

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang mengedepankan literasi dan numerasi. dalam hal ini penulis mengungkap tentang kemampuan komunikasi visual-verbal matematis, yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan pengetahuan dan keterampilan numerasi peserta didik dalam menginterpretasikan simbol verbal dan simbol visual matematis. Pada kurikulum 2013 guru hanya sebagai fasilitator, sehingga siswa harus mampu memvisualisasikan komunikasi visual-verbal matematisnya dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kemampuan visual-verbal matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis data yang terdiri dari beberapa tahap, yakni: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Hasil penelitian menunjukkan, siswa dengan prestasi belajar tinggi cenderung memiliki kemampuan komunikasi verbal dan visual matematis yang lebih kompleks dibanding siswa dengan prestasi belajar sedang dalam memecahkan masalah matematika. Sedangkan siswa dengan prestasi belajar rendah cenderung memecahkan masalah dengan komunikasi simbol verbal matematis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gg

Publisher

Subject

Education Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Pedagogos merupakan media publikasi ilmiah yang disediakan untuk menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian diberbagai bidang keilmuan dari kalangan guru-guru dosen, mahasiswa dan praktisi peneliti yang fokusnya di bidang ...