Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanĀ peningkatan keterampilan menulis paragraf argumentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan bentuk kualitatif dan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini ialah siswa kelas X D dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri dari 21 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki, sedangkan data dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran dan hasil pembelajaran. Menggunakan Teknik pengumpul data observasi langsung dan teknik pengukuran berupa tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data dilakukan dalam penelitian ini yaitu teknik statistik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis Hasil perencanaan siklus 1 70,58% dan siklus 2 83,52%. Pelaksanaan disesuaikan dengan perencanaan yang telah disusun. Pelaksanaan siklus 1 mengalami kendala pada kesiapan ruang, alat pembelajaran dan media pembelajaran, pemberian motivasi, menguasai kelas, dan pada kendala alokasi waktu. Pelaksanaan siklus 2 berjalan dengan baik, semua aspek pada perencanaan oleh guru dengan baik. Hasil pelaksanaan siklus 1 70,90% dan siklus 2 87,27%. Nilai sikap siswa dalam mengikuti proses pembelajaran pada siklus 1 78,95% dan siklus 2 94,37%. Rata-rata nilai siswa pada siklus 1 mencapai 61,86 dan siklus 2 meningkat menjadi 76,51. Berdasarkan penelitian ini disarankan agar guru dapat menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Sentence untuk meningkatkan nilai siswa dalam keterampilan menulis. Guru juga harus memperhatikanĀ model yang sesuai dengan karakteristik siswa.
Copyrights © 2022