Proceeding Seminar LPPM UMP Tahun 2014
2014: Proceeding Seminar Nasional LPPM 2014, 20 Desember 2014

Analisis Diagnostik Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Model Linier

Muhammad, Malim ( )Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Jl Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202)
Kusno, Mr. ( )Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Jl Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar mahasiswa pada lokasi, jenis dan penyebab kesulitan belajar mata kuliah Model Linear. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh: (1) lokasi kesulitan belajar mahasiswa dalam belajar model linier, indikator 2.3.1 menghitung statistik uji multivariat satu arah dalam memecahkan masalah memiliki indikator tertinggi yaitu 83,125%, (2) jenis-jenis kesulitan belajar mahasiswa dalam mata kuliah Model Linier, kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh mahasiswa adalah kesalahan prinsip. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami kesulitan mempelajari materi mata kuliah Model Linier pada kemampuan prinsip dengan persentase (39,352%). Hal ini terlihat dari kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam memecahkan masalah. Oleh karena itu sangat penting bahwa siswa mengetahui dan menguasai konsep dan prosedur yang tepat dalam memecahkan masalah yang diberikan.Kata Kunci : letak, jenis dan faktor penyebab kesulitan belajar, tes diagnostik

Copyrights © 2014