Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 7, No 2 (2022): November 2022

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Higher Order Thinking Skill Materi Pola Bilangan Siswa Kelas VIII SMPN 6 Banda Aceh

Mila Sefika Permata Sari (Syiah Kuala University)
Bintang Zaura (Syiah Kuala University)
Ellianti Ellianti (Syiah Kuala University)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Salah satu kemampuan yang penting untuk dikembangkan dan harus dimiliki oleh siswa ialah kemampuan pemecahan masalah matematika. Namun kenyataannya masih banyak siswa yang belum menguasai kemampuan tersebut. Dengan mengerjakan soal-soal Higher Order Thinking Skill (HOTS), maka siswa akan mencapai level-level pada kemampuan matematika dari level yang terendah sampai level tertinggi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui deskripsi kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal HOTS materi pola bilangan siswa kelas VIII SMPN 6 Banda Aceh. Jenis penelitian ini ialah kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian tiga orang siswa kelas VIII SMPN 6 Banda Aceh. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu soal tes dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika HOTS siswa yang berada pada kelompok kemampuan tingkat tinggi sebanyak 16% (4 Siswa), siswa yang berada pada kelompok kemampuan tingkat sedang sebanyak 68% (17 siswa), dan siswa yang berada pada kelompok kemampuan tingkat rendah sebanyak 16% (4 siswa). Kata Kunci:    Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Higher Order Thinking Skill (HOTS), Materi Pola Bilangan. 

Copyrights © 2022