JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN
Vol 16 No 2 (2022): Jurnal Perspektif Pendidikan Vol 16 No 2 Desember 2022

PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS INKUIRI PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA SMA KELAS XI

Merti Triyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru masih mengalami kesulitan dalam memberikan pengalaman langsung dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Hal tersebut dikarenakan keterbatasan waktu yang diperlukan dalam menyampaikan materi dan sumber pencemaran yang berada di luar kelas sehingga pengalaman langsung mengenai obyek dan persoalan biologi belum diperoleh siswa, padahal belajar akan bermakna ketika siswa dapat berinteraksi langsung dengan obyek dan persoalan biologi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4-D, yaitu define, design, development. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validasi ahli Bahasa yaitu 98,21%, validasi ahli Materi yaitu 81,66% dan validasi ahli Media yaitu 83,33% yang berkategori sangat layak. Sedangkan hasil analisis uji kepraktisan yaitu 83,21% yang berkategori praktis

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Perspektif Pendidikan (JPP) memuat artikel hasil penelitian Pendidikan, Pembelajaran, Penelitian dan pengembangan Pendidikan dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan ...