Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Loose Parts Terhadap Perkembangan Bahasa dan Emosi Anak Usia 5-6 Tahun di Gugus II Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung

Siti Karomah (Universitas Negeri Surabaya)
Siti Masitoh (Universitas Negeri Surabaya)
Sri Setyowati (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode bercerita dengan media loose parts terhadap perkembangan bahasa dan emosi anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experimental nonrandomized pretest-posttest control group design atau bisa juga disebut non-equivalent control group design. Uji hipotesis menggunakan independent sample T-test. Teknik analisis data menggunakan One Group Pretest Posttest Design dengan subjek penelitian 33 anak. Pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode bercerita dengan media loose part terhadap perkembangan bahasa dan emosi anak usia dini yang ditunjukkan dengan hasil independent sample t-test perkembangan bahasa diperoleh t-hitung sebesar 3,359 sedangkan t-tabel yang diperoleh dari 33 responden adalah 1,694 sehingga t-hitung lebih banyak dari t-tabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perkembangan bahasa antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Sedangkan hasil uji independent sample t-test perkembangan emosi bahwa t-hitung adalah 2,959 sedangkan t-tabel yang diperoleh dari 33 responden adalah 1,694 jadi t-hitung lebih banyak dari t-tabel sehingga ada perbedaan perkembangan emosi antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dengan media loose part dapat meningkatkan perkembangan bahasa dan emosi anak Kelompok B di Gugus II Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...