Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education
Vol. 7 No. 2 (2022): Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education

Analisis Kemampuan Literasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Sekolah Menengah

Subaryo Subaryo (Universitas Pasundan)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi matematis siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan dan memfasilitasi untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa adalah model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning), karena dengan model pembelajaran berbasis masalah siswa berorientasi terhadap masalah nyata (a real world problems) dan dalam tahapan pembelajaran siswa melaporkan hasil kerjanya yang dikerjakan secara berkelompok. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: menganalisis implementasi model pembelajaran berbasis masalah untuk kemampuan literasi matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research) dengan metode dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menghimpun literatur yang berkaitan dengan variabel penelitian kemudian diklasifikasikan dan dianalisis. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Implementasi model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan dan memiliki dampak positif terhadap perkembang kemampuan literasi matematis siswa sekolah menengah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

symmetry

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

This journals is an international journal, publishing original refereed articles on all aspects of mathematics education. Papers should address the central issues in terms which are of relevance across educational systems and informed by wider thinking in the field. The journal has three sections, ...