Indonesia merupakan Negara besar dan luas yang terdiri atas 37 Provinsi dan memiliki 17.500 pulau dan memiliki lebih-kurang 1000 bahasa yang sangat beragam. Seiring dengan munculnya fenomena paham keagamaan radikal, wacana moderasi beragama di Indonesia kembali muncul. Tujuan penulisan ini adalah untuk menjelaskan penerapan Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Makassar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian metode penelitian kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan oleh penenlti pada tulisan ini adalah jenis deskriptif. Dimana jenis deskritif menitikberatkan pada proses mendiskripsikan tentang fenoma, gejala, peristiwa dan kejadian yang terjadi pada lingkungan masyarakat.Hasil penelitian ini menujukkan bahwa; Perapan Moderasi Beragama dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing, dengan demikian penerapan Moderasi Beragama dalam pembelajaran bahasa Inggris, guru bahasa Inggris telah melakuakannya dengan prinsip; toleransi, keterbukaan, keseimbangan, memberikan ruang kepada siswa untuk saling menghargai keperberbedaan pendapat, dan berfikir yang tidak mengabsolutkan kebenaran pribadi. Peran guru dalam menanamkan moderasi beragama dalam pembelajaran bahasa Inggris sangat dibutuhkan. Ini menunjukkan bahwa peran guru dalam mendorong siswanya, terutama peserta didik muslim, untuk berpegang teguh terhadap nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran bahasa Inggris, sehingga siswa mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari sebagai upaya pencegahan tindakan radikalisme dan esktrisme. Dengan demikian, penelitian ini bisa menjadi referensi bagi guru bahasa Inggris untuk menanamkan nilai-nilai moderasi Islam yang pembelajaran bahasa Inggris Pembelajaran Bahasa Inggris, Madrasah, Moderasi
Copyrights © 2022