Kurangnya bahan ajar guru dalam menerapkan pembelajaran online yang terkesan pemberian tugas dan pengumpulan tugas memberikan efek terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelejaran IPS di SMPN 30 Muaro Jambi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangakan bahan ajar berbasis TPACK yang sesuai dengan pembelajaran IPS dan didesain untuk meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan desain 4D yang terdiri dari empat tahap yaitu Define, Design, Develop, Disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan validitas isi oleh para ahli dimana setiap indikator dinilai sangat baik. Pada uji coba kelompok kecil di dapatkan hasil setiap indikator yang diujikan berkategori Sangat Baik. Pada uji coba implementasi yang bertujuan untuk melihat keefektifan produk terhadap motivasi belajar Peserta didik hasil yang diperoleh terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test dimana rata-rata pre-test sebesar 66% dengan kategori Cukup Baik. dan post-test 85% dalam kategori Sangat Baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022