Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran
Vol 8, No 1 (2023): Januari

Pengembangan E-Modul Sejarah Indonesia dengan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Kelas XI SMA

Johan Tanama (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
I Nyoman Sudana Degeng (Unknown)
Nurmida Catherine Sitompul (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2023

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurangnya ketersediaan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran untuk meningkatkan semangat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar siswa pada pelajaran sejarah Indonesia di kelas XI SMA Kristen Masa Depan Cerah Surabaya.  Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metodologi penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Hasil analisis evaluasi materi yang dikembangkan dievaluasi oleh dua orang dosen ahli dan satu orang rekan. Dengan kata lain, analisis penilaian ahli untuk konten materi menghasilkan rata-rata keseluruhan 4 dan persentase 81. Di sisi lain, analisis profesional media/desain memiliki rata-rata 4 dan persentase 86. Di sisi lain, analisis peer review memiliki rata-rata keseluruhan 5 dan persentase 92. Analisis individu siswa terhadap 3 siswa/responden mencapai kategori rata-rata sangat baik dengan skor 45,7 dan persentase kelayakan 91%. Analisis siswa kelompok kecil sebanyak 10 siswa/responden mencapai kategori rata-rata sangat baik dengan skor 47,1. Tingkat presisi 94%, analisis kelompok besar/lapangan sebanyak 60 siswa/responden mencapai kategori rata-rata sangat baik dengan skor 44,6, tingkat presisi 89%. Implikasi praktis penelitian ini bahwa E-Modul berbasis saintifik dengan menggunakan aplikasi Canva dapat dijadikan alternatif atau inovasi untuk meningkatkan semangat belajar dalam pembelajaran sejarah Indonesia di sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran is scientific journal published by Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA). It has been published since 2016 with ISSN: 2656-1417 ...