Mirabilis : Journal of Biology Education
Vol. 1 No. 1 (2022): Mirabilis : Journal of Biology Education

ANALISIS KUALITAS REPRESENTASI VISUAL BUKU BIOLOGI SMA KURIKULUM 2013 REVISI PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI

Sri Hertati (Universitas Majalengka)
Ipin Aripin (Universitas Majalengka)
Iim Halimatul Mu'minah (Universitas Majalengka)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Buku teks pelajaran merupakan salah satu alat bantu dan sekaligus sebagai sumber belajar yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran tercapai dengan baik. Representasi visual di dalam buku teks sangat berperan penting, karena dengan tampilan representasi visual yang disajikan dalam buku dapat menambah pemahaman dan mengurangi miskonsepsi, selain itu juga dapat menambah nilai estetika ke indahan dalam buku teks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas representasi visual buku biologi SMA kurikulum 2013 revisi pada materi sistem reproduksi, agar guru dan siswa lebih teliti dalam memilih buku teks yang akan dipelajari. Buku sampel yang dianalisis yaitu tiga sampel buku dengan penerbit yang berbeda. Penelitian ini dilakukan dengan instrument tabel ceklis atau checklist, kemudian data yang diperoleh dilakukan perhitungan dengan menggunakan rumus sederhana. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif, data yang sudah didapatkan di deskripsikan berdasarkan tipe, hubungan dengan materi, hubungan dengan realitas, dan fungsi. Hasil dari penelitian tersebut yaitu tipe representasi paling tinggi yaitu termasuk pada kategori gambar. Hubungan dengan materi, representasi visual yang disajikan bersifat bermakna menempati peringkat paling tinggi. Sedangkan hubungan dengan realitas, representasi visual yang paling tinggi disajikan bersifat metafora. Representasi visual yang disajikan ketiga buku sampel tersebut mayoritas bersifat pelengkap dan penjelas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jm

Publisher

Subject

Other

Description

Mirabilis (Journal of Biology Education) publishes original articles on the latest issues and trends occurring internationally and nationally in the Application of biology learning models; biology learning media; evaluation and assessment of biology learning; research on the development of learning ...