KUANTUM: Jurnal Pembelajaran dan Sains Fisika
Vol 3 No 1 (2022): KUANTUM: Jurnal Pembelajaran dan Sains Fisika (Edisis Januari - Juni 2022)

Pengaruh Pendekatan Ketrampilan Proses Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Konsep Getaran Dan Gelombang Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 17 Halmahera Selatan

Ernawati Muhtar (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas VIII pada konsep getaran dan gelombang melalui keterampilan proses di SMP Negeri 17 Halmahera Selatan. Subjek dalam Penelitain ini adalah peserta didik Kelas VIII yang berjumlah 25 orang peserta didik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Keterampilan Proses dapat meningkatkan Hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari kondisi awal sebelum tindakan rata-rata aktivitas belajar peserta didik yang tuntas adalah 25%, Selama KBM, skor pencapaian yang diperoleh masing-masing siswa berada pada kualifikasi gagal sampai sangat baik. Rata-rata skor yang diperoleh adalah: (a) penilaian pada aspek kognitif= 74,43; (b) penilaian pada aspek psikomotor= 72,12; (c) penilaian pada aspek afektif = 67,27.Setelah KBM, hasil yang diperoleh masing-masing siswa berada di atas SKBM. Hal ini terlihat pada hasil tes akhir siswa, dengan rata-rata pencapaian siswa adalah 70,89. Nilai akhir (NA) siswa. Perolehan siswa pada hasil akhir berada di atas SKBM, dengan rata-rata pencapaian yang diperoleh siswa adalah 71,12.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kuantum

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal KUANTUM adalah terbitan berkala ilmiah (e-ISSN: 2774-1966) yang menyajikan informasi-informasi terkini di bidang Pendidikan Fisika dan Sains Fisika, melalui artikel-artikel baik yang berbasis penelitian lapangan maupun kajian literatur. Melalui terbitan-terbitan ini, KUANTUM menempuh misi ...