Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan di abad 21 menuntut siswa untuk beradaptasi dan mengikuti perkembangan tersebut. Guru pun harus mampu mengembangkan keterampilan abad 21 untuk menciptakan generasi emas melalui pendidikan yang bermutu. Para guru di Gugus Sekolah Dasar Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi kurang terampil dalam mendesain, mengembangkan, dan mengimplementasikan alat peraga dan perangkat pembelajaran inovatif yang mengintegrasikan berbagai kegiatan belajar dan penilaian. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dalam mendesain alat peraga dan perangkat pembelajaran inovatif bagi guru di Gugus Sekolah Dasar Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini yaitu para peserta sangat tertarik dan memiliki minat yang tinggi untuk mendesain alat peraga untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Meningkatnya kreatifitas guru dalam menyiapkan media pembelajaran, meningkatnya pengetahuan guru tentang desain dan menggunakan alat peraga dan meningkatkan kesadaran guru untuk berinovasi dalam pembelajaran khususnya penggunaan alat peraga yang memegang peranan penting dalam proses pembelajaran. Melalui kegiatan ini, terjadi peningkatan keterampilan guru dalam mendesain alat peraga dan perangkat pembelajaran inovatif
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023