Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi peran guru produktif otomotif dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) melalui google classroom di SMK Negeri 1 Ambal tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Subyek penelitian tindakan adalah guru otomotif di SMK Negeri 1 Ambal yang berjumlah 11. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar observasi kuisioner evaluasi peran guru dalam proses pembelajaran jarak jauh melalui google classroom. Analisis data dengan analisis kuantitatif untuk mencari presentase hasil pembelajaran melalui google classroom. Hasil penelitian ini adalah, bahwa peran guru dalam proses pembelajaran jarak jauh melalui google classroom efektif digunakan pada masa pandemi. Hal ini terlihat dari 11 guru produktif otomotif di SMK Negeri 1 Ambal mempunyai administrasi pembelajaran yang lengkap dan dibuat sebelum melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) melalui google classroom. Hasil evaluasi peran guru produktif otomotif dalam perencanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) melalu google classroom di SMK Negeri 1 Ambal tahun pelajaran 2021/2022 memiliki rata-rata nilai evaluasi pelaksanaan pembelajaran 86 dengan kategori baik. Hasil evaluasi peran guru produktif otomotif dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) melalui google classroom di SMK Negeri 1 Ambal tahun pelajaran 2021/2022 memiliki rata-rata nilai evaluasi pelaksanaan pembelajaran 83 dengan kategori baik. Hasil evaluasi peran guru produktif otomotif dalam penilaian Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) melalu google classroom di SMK NEGRI 1 Ambal tahun pelajaran 2021/2022 memiliki rata-rata nilai evaluasi pelaksanaan pembelajaran 75 dengan kategori cukup.
Copyrights © 2022