Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan
Vol 11, No 2 (2022): JURNAL SERUNAI PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN Vol 11 No.2

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS X DI SMA BINTANG LANGKAT

Surya Wibawa (STKIP Budidaya)
Ardian Abdi (Unknown)
Maisyarah Maisyarah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas X di SMA Bintang Langkat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang kelas X SMA Bintang Langkat. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan nilai rata-rata hasil angket penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together adalah 29,7 dengan kategori baik dan nilai rata-rata hasil angket minat belajar PKn adalah 30,6 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 4,16 > 2,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas X di SMA Bintang Langkat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jg

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

jurnal serunai pancasila dan kewarganegaraan merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala dua kali dalam satu tabun yakni bulan februari dan agustus. Penerbitan jurnal ini sebafagai sarana untuk menampung arikel-artikel ilmiah berasal dari penelitian, kajian-kajian atau makalah ilmiah ...