Teknologi informasi dibutuhkan dalam dunia pendidikan untuk peningkatan kualitas dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan teknologi informasi dalam pelaksnaan pembelajaran di SMP Negeri 1 Bancak. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis data dari Miles dan Huberman dengan langkah data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verfication. Uji keabsahan data dalam penelitian ini dengan menggunakan triangulasi sumber. SMP Negeri 1 Bancak menggunakan teknologi dalam pembelajaran daring dengan platform Quipper School, Google Classroom, Zoom Meeting, Google Meet, dan whatsapp. Sebelum penggunaan aplikasi tersebut dilakukan workshop dalam penggunaan platform tersebut. kendala yang muncul dalam pelaksanaan pembelajaran daring adalah Quipper School masih memiliki kekurangan sehingga guru melengkapi dengan penggunaan Google Classroom. Kendala yang lain adalah tidak semua peserta didik memiliki gawai, membutuhkan kuota data yang banyak dan kendala pada provider jaringan yaitu jaringan kurang merata di lingkungan Kecamatan Bancak. Kendala lain yaitu peserta didik tidak mengikuti pembelajaran yang kemudian ditindaklanjuti dengan home visit oleh guru BK serta wali kelas
Copyrights © 2022