Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 1 (2023): Februari

Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa

Miftha Oktaviana (Universitas Trilogi)
Sulistyani Puteri Ramadhani (Universitas Trilogi)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2023

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat bantu yang dapat digunakan oleh guru untuk membantu proses pembelajaran. Hasil observasi menunjukkan bahwa masih kurangnya keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran IPA berbasis komik digital untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Borg and Gall. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, angket, dan observasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan peserta didik kelas 5 SDN Kalideres 12 Pagi Jakarta Barat. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran IPA berbasis komik digital menunjukkan bahwa; 1) potensi dan masalah, adanya permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran yang berkaitan dengan media pembelajaran. 2) pengumpulan data, merangkum hasil permasalahan. 3) desain produk, merancang storyboard. 4) validasi produk, mengetahui kelayakan produk. 5) revisi produk, penyempurnaan produk yang dibuat. 6) uji coba produk, mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran yang dibuat. 7) revisi produk, penyempurnaan kelayakan media pembelajaran. 8) uji pemakaian produk, melakukan uji coba bersama siswa kelas 5 SDN Kalideres 12 Pagi Jakarta Barat. 9) revisi produk, melakukan perbaikan media pembelajaran kembali untuk penyempurnaan media pembelajaran IPA berbasis komik digital. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran IPA berbasis komik digital terbukti sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran IPA berbasis komik digital yang dikembangkan ini dapat memotivasi siswa, dan pembelajaran menjadi lebih bermakna. Melalui penelitian yang telah dilakukan, diharapkan guru dapat termotivasi dalam menyediakan media pembelajaran bagi siswa yang lebih inovatif dan kreatif demi tercapainya tujuan pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...