Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 3 No 2 (2022): November 2022

Implementasi Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Sikap Matematika Siswa

Nurul Afni Sinaga (Bahasa Indonesia)
Fitri Ayu Ningtiyas (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan sikap matematika siswa melalui implementasi model cooperative learning tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Uji coba lapangan dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 12 Yogyakarta. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui pemberian tes, observasi, angket serta wawancara. Analisis data dilakukan dengan kualitatif yang meliputi langkah-langkah pengumpulan data, penyajian data, pengambilan simpulan dan analisis data observasi. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran pada presentase ≥ 80% dan dikatakan bahwa indikator keberhasilan pelaksanaan pembelajaran telah tercapai. Sikap matematika siswa dalam pembelajaran matematika ditunjukkan dengan kenaikan tingkat presentase skor angket ≥ 10% dan minimal kualifikasi presentase skor angket berada pada kategori cukup baik. Penelitian ini sangat direkomendasikan sebagai alternatif pembelajaran matematika untuk meningkatkan sikap matematika siswa, juga direkomendasikan pada guru yang mengembangkan model pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran matematika khususnya kemampuan afektif siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fraktal

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika adalah jurnal ilmiah dalam bidang matematika dan pendidikan matematika yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT. Ruang lingkup ...