Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan sikap matematika siswa melalui implementasi model cooperative learning tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Uji coba lapangan dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 12 Yogyakarta. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui pemberian tes, observasi, angket serta wawancara. Analisis data dilakukan dengan kualitatif yang meliputi langkah-langkah pengumpulan data, penyajian data, pengambilan simpulan dan analisis data observasi. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran pada presentase ≥ 80% dan dikatakan bahwa indikator keberhasilan pelaksanaan pembelajaran telah tercapai. Sikap matematika siswa dalam pembelajaran matematika ditunjukkan dengan kenaikan tingkat presentase skor angket ≥ 10% dan minimal kualifikasi presentase skor angket berada pada kategori cukup baik. Penelitian ini sangat direkomendasikan sebagai alternatif pembelajaran matematika untuk meningkatkan sikap matematika siswa, juga direkomendasikan pada guru yang mengembangkan model pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran matematika khususnya kemampuan afektif siswa.
Copyrights © 2022