Penelitian ini adalah jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada hubungan pemberian motivasi orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas tinggi SDN 209 Salobulo Kecamatan Sajoanging Kabupaten Wajo. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi SDN 209 Salobulo dan jumlah sampel pada penelitian ini adalah 62 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan Angket dan Dokumentasi sebagai instrumen penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pemberian motivasi orang tua dengan rata-rata sebesar 61,08 dan pada kategori baik dan prestasi belajar siswa dengan rata-rata sebesar 82,47 dan pada kategori sangat baik. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara pemberian motivasi orang tua dengan prestasi belajar siswa dengan koefisien sebesar 0,421 dan berada pada kategori hubungan sedang. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pemberian motivasi orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas tinggi SDN 209 Salobulo Kecamatan Sajoanging Kabupaten Wajo.
Copyrights © 2023