Jurnal Basicedu
Vol 6, No 6 (2022): December 2022

Pengembangan Konten Video Pembelajaran Materi Gerak dengan Menggunakan Aplikasi Canva

Hesti Gustini (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Yayat Ruhiat (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2023

Abstract

Perkembangan kehidupan yang terus bekermbang dan berinovasi menuntut kita untuk dapat memanfaatkan teknologi dalam segala aspek, termasuk pendidikan. Proses pembelajaran akan dirasa mudah dengan memanfaatkan teknologi. Untuk mempercepat pemahaman materi pembalajaran dilakukan penelitian pengembangan konten pembelajaran dengan menggunakan media canva. Penelitian dilakukan dengan tujuan menghasilkan produk berupa konten materi gerak. Materi tersebut, dikembangkan ke dalam format visual dan audiovisual dengan menggunakan aplikasi canva. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan penelitian Research and Development (R&D) dan model Pengembangan ADDIE. Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi adalah lima fase dari paradigma ini. Uji ahli materi dan ahli materi dilakukan untuk menilai konsistensi media dan substansi. Validitas produk yang ditentukan oleh kedua ahli menghasilkan kategori sangat layak. Uji ahli materi dan ahli materi dilakukan untuk mengetahui koherensi antara media dan materi. Hasil validitas produk oleh kedua ahli diperoleh kategori sangat layak. Hasil validasi ahli media memperoleh rata-rata 90,06% yang termasuk kedalam kriteria “sangat valid” dan hasil validasi materi memperoleh rata-rata 80,91% yang termasuk kedalam kriteria “valid”. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran materi gerak dengna menggunakan aplikasi canva dapat diujicobakan pada pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...