lat peraga balok-balok angka ini mempunyai kelebihan yaitu selain memperlihatkan secara langsung konsep penjumlahan, bisa menarik minat siswa untuk belajar matematika karena alat peraga ini siswa bisa bermain sekaligus belajar sehingga siswa tidak merasa jenuh atau bosan dan sesuai dengan tingkat perkembangan intelektual anak SD yang masih dalam tahap prakonkret, maka siswa SD dapat menerima konsep – konsep matematika yang abstrak melalui benda–benda konkret.Sasaran yang dipilih adalah materi yang membutuhkan alat peraga untuk mempermudah dalam mejalaskan konsep matematika yang bersifat abstrak. Siswa yang dipilih adalah siswa pada MI Al-Hikmah Janti Kelas II. Selama pelatihan dan pendampingansiswa dibimbing dari awal proses pembelajaran sampai akhir pembelajaran. Pendampingan dan Pelatihan diberikan sampai siswa dapat mengoperasikan media balok-balok angka. Tahap pelaksanan pelatihan ini dibagi lagi menjadi 2 tahap, Tahap pertama pada tahap ini, pelatihan difokuskan pada pemberian motivasi, pemberian materi matematika sehingga pembelajaran menjadi menarik dan mnyenagkan. Di tahap pertama ini pula, tim PKM akan mendemonstrasikan sedikit tentang cara menggunakan alat peraga. Tahap kedua, Pada tahap ini, pelatihan difokuskan pada kegiatan praktek alat peraga matematika balok-balok angka
Copyrights © 2021