Produk berupa Nata De Averrhoa merupakan diversifikasi buah belimbing di Kelurahan Karangsari. Penelitian ini bertujuan untuk, 1) Mengidentifikasi profil masyarakat yang mengetahui diversifikasi produk buah belimbing dengan pembuatan Nata De Averrhoa. 2) Mengetahui proses terbentuknya persepsi masyarakat terhadap keberadaan diversifikasi produk buah belimbing dengan pembuatan Nata De Averrhoa. 3) Mengidentifikasi persepsi masyarakat terhadap diversifikasi produk buah belimbing dengan pembuatan Nata De Averrhoa. Penelitian ini menggunakan teknik Nonprobability sampling terhadap 20 informan yang dipilih dengan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses terbentuknya persepsi masyarakat melalui tahapan stimulus, registrasi, dan interpretasi. Persepsi masyarakat terhadap diversifikasi produk buah belimbing dengan pembuatan Nata De Averrhoa berdasarkan bahan baku, kesehatan, ramah lingkungan, dan manfaat produk menunjukkan kategori sangat positif. Kata kunci: Persepsi, Masyarakat, Diversifikasi Produk, Buah Belimbing, Nata De Averrhoa
Copyrights © 2022