Pinisi Journal of Sociology Education Review
Volume 1, Nomor 2, Juli 2021

PEROKOK DALAM PERSPEKTIF GURU PEROKOK DAN SISWA PEROKOK SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI

Wahyu Arisman (Universitas Negeri Makassar)
A. Octamaya Tenri Awaru (Univeristas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana perilaku merokok di sekolah dalam perspektif Guru perokok di SMA Negeri 4 Wajo, 2) Bagaimana perilaku merokok di sekolah dalam perspektif siswa perokok di SMA Negeri 4 Wajo. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 11 orang yang di tentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria informan yaitu Guru Perokok SMA Negeri 4 Wajo, dan Siswa Perokok di SMA Negeri 4 Wajo. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yaitu: 1)  Perilaku merokok di sekolah dalam perspektif guru perokok yaitu terdiri dari a) Guru merokok di sekolah tidak mengapa selama merokok di tempat yang tidak terlihat oleh siswa b) Siswa tidak dibenarkan untuk merokok di sekolah bedasarkan aturan yang ada dan memperoleh sanksi jika melanggar. 2)  Perilaku merokok di sekolah dalam perspektif siswa perokok yakni a) Merokok di sekolah tidak diperbolehkan namun dapat dilakukan secara sembunyi-sembunyi agar tidak kedapatan oleh guru, b) Guru merokok di sekolah adalah hal yang biasa saja dan bisa ditoleransi.  

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jser

Publisher

Subject

Education

Description

Pinisi Journal of Sociology Education Review providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about Sociology, Culture, Family, Gender Equality, Social Inclusion, Society, Politics, Philosophy, and Development. Published by Sociology Education Study ...