cover
Contact Name
A. Octamaya Tenri Awaru
Contact Email
a.octamaya@unm.ac.id
Phone
+6285343665103
Journal Mail Official
pjser@unm.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Sosiologi Lantai 3 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar Jl. Raya Pendidikan N0 1 Kelurahan Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Pinisi Journal of Sociology Education Review
ISSN : 28300572     EISSN : 2829937X     DOI : https://doi.org/10.26858/jser
Core Subject : Education,
Pinisi Journal of Sociology Education Review providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about Sociology, Culture, Family, Gender Equality, Social Inclusion, Society, Politics, Philosophy, and Development. Published by Sociology Education Study Program Faculty of Social Science.
Articles 213 Documents
Implementasi Dan Kontribusi Komite Sekolah Terhadap Program Sekolah Ramah Anak Di SMA Negeri 11 Pangkep Nur Sita Dewi; Muhammad Syukur
Pinisi Journal of Sociology Education Review Volume 2, Nomor 1, Maret 2022
Publisher : Pinisi Journal of Sociology Education Review

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (604.244 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) implementasi program sekolah ramah anak di SMA Negeri 11 Pangkep. 2) Kontribusi komite sekolah terhadap pengimplementasian program sekolah ramah anak di SMA Negeri 11 Pangkep. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 10 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria guru yang memiliki sertifikasi pendidik, guru yang mengajar di SMA Negeri 11 Pangkep minimal 5 tahun dan guru yang pernah mengikuti sosialisasi sekolah ramah anak. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif tipe deskriptif melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakancek anggota. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) implementasi program sekolah ramah anak mengenai SMA Negeri 11 Pangkep yaitu: a) adanya sosialisasi program sekolah ramah anak kepada seluruh pihak sekolah, b) pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan hak-hak anak, c) adanya sarana dan prasarana yang ramah anak, d) pembelajaran yang ramah anak, e) memiliki lingkungan sekolah yang baik untuk perkembangan anak dan f) partisipasi anak dalam kegiatan sekolah ramah anak. 2) Kontribusi komite sekolah terhadap implementasi program sekolah ramah anak di SMA Negeri 11 Pangkep yaitu: a) pertimbangan atau saran terhadap perencanaan program sekolah ramah anak, b) pengontrol program sekolah ramah anak,
Partisipasi Perempuan Dalam Kepemimpinan Hmps Pendidikan Sosiologi FIS-H UNM Muh Hajis; Andi Agustang
Pinisi Journal of Sociology Education Review Volume 2, Nomor 3 November 2022
Publisher : Pinisi Journal of Sociology Education Review

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.089 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Faktor penghambat partisipasi perempuaan dalam kepemimpinan HMPS Pendidikan Sosiologi FIS-H UNM, 2) Upaya untuk mengatasi terhambatnya partisipasi perempuan dalam kepemimpinan HMPS Pendidikan Sosiologi FIS-H UNM. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 9 orang yang ditentukan dengan pengumpulan data Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Faktor penghambat partisipasi perempuan dalam kepemimpinan di HMPS Pendidikan Sosiologi FIS-H UNM yakni; a. Menguatnya budaya patriarki b. Kurang maksimalnya program pemberdayaan perempuan c. Tidak adanya pendidikan politik bagi perempuan d. Kurangnya dukungan politik bagi perempuan 2. Upaya untuk mengatasi terhambatnya partisipasi perempuan dalam kepemimpinan di HMPS Pendidikan Sosiologi FIS-H UNM yakni; a. Memperkuat wacana kesetaraan gender b. Membentuk bidang pemberdayaan perempuan c. Merumuskan kurikulum pendidikan politik bagi perempuan, d. Mobilisasi dukungan politik bagi perampuan.
STRATEGI SEKOLAH DALAM MELULUSKAN SISWA DIPERGURUAN TINGGI NEGERI MELALUI JALUR SNMPTN DI SMA NEGERI 3 BARRU DAN SMA NEGERI 6 BARRU Asrina Apricilia Asrul; Muhammad Syukur
Pinisi Journal of Sociology Education Review Volume 1, Nomor 2, Juli 2021
Publisher : Pinisi Journal of Sociology Education Review

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (694.63 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Strategi sekolah dalam meluluskan siswa di perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN di SMA Negeri 3 Barru dan SMA Negeri 6 Barru. 2) Faktor pendukung dan penghambat implentasi strategi sekolah dalam meluluskan siswa di Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SNMPTN di SMA Negeri 3 Barru dan SMA Negeri 6 Barru 3) Dampak dari adanya strategi dalam meluluskan siswa di Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SNMPTN di SMA Negeri 3 Barru dan SMA Negeri 6 Barru. Kriteria informan adalah Kepala sekolah SMA Negeri 3 Barru dan SMA Negeri 6 Barru dan guru wali kelas Kelas XII di SMA Negeri 3 Barru dan SMA Negeri 6 Barru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data dilakukan dengan menggunakan member check. Hasil Penelitian ini menunjukkan: 1) Strategi yang dilakukan oleh sekolah dalam meluluskan siswa di perguruan Tinggi Negeri  melalui jalur SNMPTN  di SMA Negeri 3 Barru dan  SMA Negeri 6 Barru yaitu (a) peningkatan nilai setiap semesternya (b) meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa (c) penambahan jam belajar mengajar berupa les sore.2) Faktor penghambat  implementasi strategi dalam meluluskan siswa di perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SNMPTN di SMA Negeri 3 Barru dan  SMA Negeri 6 Barru adalah (a) kurangnya pengetahuan mengenai jurusan yang akan dipilih pada sistem SNMPTN (b) penginputan nilai dan (c) masalah semangat dan motivasi untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri. Sementara itu faktor pendukungnya yaitu (a) kerja sama di antara guru yang baik dalam melaksanakan proses pembelajaran (b) upaya pihak sekolah yang memacu semangat semua elemen sekolah untuk mempertahankan penilaian siswa serta komitmen dan (c) dedikasi guru yang besar dalam meluluskan siswanya ke jenjang perguruan tinggi 3) Dampak yang dirasakan oleh SMA Negeri 3 Barru dan SMA Negeri 6 Barru dengan adanya siswa yang lulus melalui SNMPTN ialah (a) menaikkan citra dan eksistensi sekolah dimata masyarakat (b) meningkatkan motivasi para siswa yang ingin mendaftar sebagai siswa baru (c) meningkatkan akreditasi sekolah (d) sebagai indikator dari kinerja para guru dan sekolah.   
Kesejahteraan Psikologis Pada Remaja Santri (Fenomena Hafalan di Pondok Pesantren Sukamiskin) Ebi Nabilah; Bambang Samsul Arifin; Tarsono Tarsono
Pinisi Journal of Sociology Education Review Volume 2, Nomor 1, Maret 2022
Publisher : Pinisi Journal of Sociology Education Review

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (587.169 KB)

Abstract

Artikel ini dibuat untuk mengetahui kesejahteraan psikologis santri. Merasakan kesejahteraan dalam diri adalah harapan semua individu, termasuk kaum remaja. Dengan tahapan perkembangan masa remaja yang dipenuhi konflik, memunculkan harapan menyelesaikan dalam dirinya, termasuk pada remaja santri kelas 0a Tsanawiyah di Pondok Pesantren Sukamiskin. Salah satu metode pembelajaran di pesantren adalah hafalan. Kelas 0a Tsanawiyah memiliki kewajiban menghafal 5 kitab. Bersamaan dengan tahapan perkembangan usia operasional formal yang dilaluinya dan peraturan-peraturan pondok yang harus dipatuhi, santri harus memenuhi kewajiban hafalan kitabnya. Oleh karena itu, menarik untuk dikaji kesejahteraan psikologis santri kelas 0a Tsanawiyah ketika menghafal. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode studi kasus. Data diperoleh dari hasil wawancara dan observasi. Subjek penelitian mengungkapkan empat santri, terdiri dari MHR, FAH, PNW dan DFN. Setelah dilakukan penelitian, diketahui bahwa dalam aspek kesejahteraan psikologis, faktor dukungan sosial yang mempengaruhi MHR, FAH dan PNW. Sedangkan faktor religiusitas yang mempengaruhi MHR dan DFN. Dalam aspek ingatan anak, faktor gangguan sosial dan psikologis mempengaruhi keempat subyek penelitian. faktor lingkungan hanya dirasakan oleh MHR. Adanya masalah dari dua aspek tersebut, dapat diketahui bahwa kesejahteraan psikologis keempat subyek ketika memiliki kewajiban hafalan kitab berada pada kondisi tidak baik. faktor dukungan sosial yang mempengaruhi MHR, FAH dan PNW. Sedangkan faktor religiusitas yang mempengaruhi MHR dan DFN. Dalam aspek ingatan anak, faktor gangguan sosial dan psikologis mempengaruhi keempat subyek penelitian. faktor lingkungan hanya dirasakan oleh MHR. Adanya masalah dari dua aspek tersebut, dapat diketahui bahwa kesejahteraan psikologis keempat subyek ketika memiliki kewajiban hafalan kitab berada pada kondisi tidak baik. faktor dukungan sosial yang mempengaruhi MHR, FAH dan PNW. Sedangkan faktor religiusitas yang mempengaruhi MHR dan DFN. Dalam aspek ingatan anak, faktor gangguan sosial dan psikologis mempengaruhi keempat subyek penelitian. faktor lingkungan hanya dirasakan oleh MHR. Adanya masalah dari dua aspek tersebut, dapat diketahui bahwa kesejahteraan psikologis keempat subyek ketika memiliki kewajiban hafalan kitab berada pada kondisi tidak baik.
Sosialisasi Pendidikan Seksual Orangtua Pada Anak Di Era Digital (Studi Di Kelurahan Pa’bundukang Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar) Jusmawati Ridwan; Muhammad Syukur
Pinisi Journal of Sociology Education Review Volume 2, Nomor 3 November 2022
Publisher : Pinisi Journal of Sociology Education Review

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.112 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Bentuk sosialisasi pendidikan seksual orangtua pada anak diera digital (studi di Kelurahan Pa’bundukang Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar) dan 2) Proses perubahan sosialisasi pendidikan seksual orangtua pada anak diera digital (studi di Kelurahan Pa’bundukang Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Jumlah informan sebanyak 10 orang dan ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria yaitu, orangtua yang memiliki anak berusia 2 sampai 17 tahun, orangtua yang telah menempuh pendidikan minimal Sekolah Menengah Atas (SMA) dan orangtua yang memiliki handphone android. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data dilakukan menggunakan member check. Teknik analisis data yakni, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Bentuk sosialisasi pendidikan seksual orangtua pada anak diera digital (studi di Kelurahan Pa’bundukang Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar) adalah; a) menciptakan komunikasi yang harmonis dengan anak, b) toilet training, c) menyampaikan bagian tubuh yang tidak boleh dilihat dan disentuh sembarang orang, d) penyampaian informasi mengenai masa pubertas, e) mendampingi dan berinteraksi dengan anak saat menggunakan perangkat dan media digital, f) mendiskusikan perilaku baik dan tidak dari karakter tokoh diperangkat dan media digital, g) menghindari program yang menampilkan unsur kekerasan, ketakutan, seksualitas dan penggunaan bahasa yang tidak pantas, h) peningkatan pengetahuan agama dan 2) Proses perubahan sosialisasi pendidikan seksual orangtua pada anak diera digital (studi di Kelurahan Pa’bundukang Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar) adalah; a) akses anak dalam sistem informasi dan komunikasi berlangsung cepat dan b) penggunaan metode ceramah menjadi metode digital parenting.                                                     
PEROKOK DALAM PERSPEKTIF GURU PEROKOK DAN SISWA PEROKOK SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI Wahyu Arisman; A. Octamaya Tenri Awaru
Pinisi Journal of Sociology Education Review Volume 1, Nomor 2, Juli 2021
Publisher : Pinisi Journal of Sociology Education Review

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (581.086 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana perilaku merokok di sekolah dalam perspektif Guru perokok di SMA Negeri 4 Wajo, 2) Bagaimana perilaku merokok di sekolah dalam perspektif siswa perokok di SMA Negeri 4 Wajo. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 11 orang yang di tentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria informan yaitu Guru Perokok SMA Negeri 4 Wajo, dan Siswa Perokok di SMA Negeri 4 Wajo. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yaitu: 1)  Perilaku merokok di sekolah dalam perspektif guru perokok yaitu terdiri dari a) Guru merokok di sekolah tidak mengapa selama merokok di tempat yang tidak terlihat oleh siswa b) Siswa tidak dibenarkan untuk merokok di sekolah bedasarkan aturan yang ada dan memperoleh sanksi jika melanggar. 2)  Perilaku merokok di sekolah dalam perspektif siswa perokok yakni a) Merokok di sekolah tidak diperbolehkan namun dapat dilakukan secara sembunyi-sembunyi agar tidak kedapatan oleh guru, b) Guru merokok di sekolah adalah hal yang biasa saja dan bisa ditoleransi.  
Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sosiologi Dalam Inovasi Pembelajaran (Studi Penelitian di Kabupaten Pangkep) Sugianto Sugianto; M. Ridwan Said Ahmad
Pinisi Journal of Sociology Education Review Volume 2, Nomor 2, Juli 2022
Publisher : Pinisi Journal of Sociology Education Review

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.339 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Inovasi pembelajaran di Kabupaten Pangkep. 2) Peran MGMP sosiologi dalam inovasi pembelajaran di Kabupaten Pangkep. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 7 orang yang ditentukan oleh proposive sampling dengan kriteria informan pengurus inti MGMP sosiologi dan guru sudah mengajar lebih dua tahun. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. teknik analisis data melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, analisis taksonomi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data mengunakan teknik membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) inovasi pembelajaran di kabupaten Pangkep dapat dilihat dari a) Metode penerapan segitiga pembelajaran luring. b) belajar bersama. c) Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. d) Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam bentuk video pembelajaran dengan aplikasi movi maker. 2) Peran MGMP sosiologi dalam inovasi pembelajaran di Kabupaten Pangkep yaitu a) Melaksanakan pengembangan wawasan, pengetahuan dan kompetensi, sehingga memiliki dedikasi yang tinggi. b) Melakukan refleksi diri ke arah pembentukan profil guru yang profesional. c) Diskusi secara berkala tentang masalah-masalah yang terus berkembang yang berkaitan dengan pembelajaran sosiologi. d) Melakukan pelatihan penggunaan ICT (Information, Communication and Technology) sebagai modal dalam pembelajaran.
KONSTRUKSI SOSIAL MASYARAKAT TERHADAP REALITAS SOSIAL TRADISI SI SEMBA’ DI ERA GLOBALISASI (Studi penelitian di Daerah Kandeapi Tikala, Toraja Utara) Iga Sakinah Mawarni; Andi Agustang
Pinisi Journal of Sociology Education Review Volume 1, Nomor 2, Juli 2021
Publisher : Pinisi Journal of Sociology Education Review

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (591.272 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran konstruksi sosial masyarakat terhadap tradisi si semba’, 2) Nilai pendidikan yang terkandung dalam tradisi si semba’, 3) faktor pendukung eksistensi tradisi si semba’ di era globalisasi. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 12 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling yaitu meminta masyarakat sebagai informan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) konstruksi sosial masyarakat terhadap tradis si semba’ adalah tradisi ini merupakan tradisi yang dilaksanakan setiap musim panen tiba dengan bentuk permainan saling adu kaki, Adapun tujuan dari tradisi ini adalah untuk menjalin silaturahmi, konstruksi sosial masyarakat terbentuk dengan 3 tahapan yaitu eksternalisasi yaitu tradisi ini merupakan tradisi yang sudah mandarah daging, tahapan obyektivasi yaitu sebuah kebiasaan yang dilakukan rutin, dan internalisasi adalah cara memaknai sebuah tradisi. 2) Nilai pendidikan yang terkandung dalam tradisi si semba’ yaitu dapat membentuk jiwa solidaritas dengan saling bekerja sama satu sama lain, membangun jiwa sosial dengan menjalin silaturahmi, dan mengajarkan untuk tidak menyimpan dendam. 3) faktor pendukung eksistensi tradisi si semba’ di era globlaisai adalah tetap mempertahankan tradisi dan melestarikannya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yaitu mangandalkan media sosial yang dijadikan sebagai wadah untuk melestarikan tradisi.  
PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBERADAAN KOMUNITAS ARMADA PUSTAKA DI DESA PAMBUSUANG KABUPATEN POLEWALI MANDAR Nurmalah Sari Mahmud; Muhammad Syukur
Pinisi Journal of Sociology Education Review Volume 1, Nomor 3, November 2021
Publisher : Pinisi Journal of Sociology Education Review

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (589.995 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap keberadaan komunitas Armada Pustaka di Desa Pambusuang. 2) untuk mengetahui dampak keberadaan komunitas Armada Pustaka terhadap budaya baca masyarakat di Desa Pambusuang. Jenis penelituian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode pendekatan fenomenologi. Pemilihan informan menggunakan teknik porposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu: pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan 1) persepsi masyarakat terhadap keberadaan komunitas Armada Pustaka di Desa Pambusuang sebagai berikut a) keberadaan dari komunitas Armada sangat bagus, b) masyarakat mendukung dan merasa terbantu dengan kehadiran komunitas ini di tengah-tengah masyarakat yang membutuhkan akses bacaan, c) masyarakat menyatakan bahwa dengan keberadaan komunitas Armada Pustaka berpengaruh terhadap minat baca. 2) dampak yang ditimbulkan dari keberadaan komunitas Armada Pustaka yaitu dampak positif meliputi; a) dengan adanya komunitas Armada Pustaka minat baca masyarakat meningkat, b) dengan keberadaan komunitas Armada Pustaka tingkat kesadaran akan pentingnya literasi sudah mulai ada. Sementara dampak negatifnya meliputi; a) berupa sikap apatis masyarakat dalam mengkampanyekan budaya membaca ke lingkungan sekitarnya dan b) ada juga informan yang menyatakan bahwa tidak ada dampak negatif dari keberadaan komunitas Armada Pustaka.
Persepsi Orang Tua Tentang Kelanjutan Pendidikan Anak Ke Perguruan Tinggi Di Desa Samaturue Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai Ulfa Ningsih; Muhammad Syukur; Andi Dody May Putra Agustang
Pinisi Journal of Sociology Education Review Volume 2, Nomor 1, Maret 2022
Publisher : Pinisi Journal of Sociology Education Review

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (573.257 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). persepsi orang tua tentang kelanjutan pendidikan anak ke jenjang perguruan tinggi di desa Samaturue dan 2). Kendala yang dihadapi orang tua dalam melanjutkan pendidikan anak ke jenjang perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penentuan sampel dilakukan secara purposive. Adapun kriteria informan yang pertama adalah orang tua yang anaknya tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, dan yang kedua yaitu anak yang tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dalam kurung waktu 2 tahun terakhir. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data diperoleh melalui tahap-tahap yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data dengan menggunakan member check. Hasil penelitian menunujukkan bahwa: 1). Persepsi orang tua tentang kelanjutan pendidikan anak ke jenjang perguruan tinggi di Desa Samaturue Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai yaitu a). orang tua menyatakan bahwa perguruan tinggi tidalah terlalu penting, b). perguruan tinggi membuang banyak waktu serta membutuhkan biaya yang banyak, c). lulusan perguruan tinggi belum tentu menjamin masa depan anak, dan d). sekolah SMA saja sudah cukup untuk mencari pekerjaan. 2). kendala yang dihadapi orang tua dalam melanjutkan pendidikan anak ke perguruan tinggi adalah a). ekonomi yang kurang mencukupi, b). biaya kuliah yang cukup mahal, dan c). kurangnya kesadaran anak terhadap pentingnya pendidikan. 

Page 1 of 22 | Total Record : 213