Pinisi Journal of Sociology Education Review
Volume 2, Nomor 1, Maret 2022

Interaksi Mahasiswa Papua di Universitas Negeri Makassar (Studi Pada Penerima beasiswa ADk Afrmasi)

Fitri Indriani Malik (Universitas Negeri Makassar)
A. Octamaya Tenri Awaru (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2022

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Faktor yang mempengaruhi interaksi sosial mahasiswa Papua penerima beasiswa Adik (Afirmasi Pendidikan Tinggi) di lingkungan kampus Universitas Negeri Makassar, 2) Untuk mengetahui penghambat penghambatan mahasiswa Papua penerima beasiswa Adik (Airmasi Pendidikan Tinggi) dalam berinteraksi di lingkungan Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 10 orang yang ditentukan melalui teknik purposive samplingdengan teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu, kriteria pilihan informan: Mahasiswa Papua penerima beasiswa Adik di UNM, angkatan 2017-2018, dan mahasiswa Papua yang berdomisili di Makassar. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan membercheck .Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Faktor yang mempengaruhi interaksi sosial mahasiswa Papua penerima beasiswa ADik (Afirmasi Pendidikan Tinggi) di lingkungan kampus Universitas Negeri Makassar adalah: a) adanya situasi sosial, b) adanya kekuasaan norma kelompok, c) adanya tujuan, serta adanya d) situasi situasi 2). Hambatan-hambatan mahasiswa Papua beasiswa ADik (Afirmasi Pendidikan Tinggi) dalam interaksi di Universitas Negeri Makassar adalah: a) adanya hambatan negatif, b) perbedaan bahasa, dan c) Mahasiswa Papua cenderung tertutup.       

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jser

Publisher

Subject

Education

Description

Pinisi Journal of Sociology Education Review providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about Sociology, Culture, Family, Gender Equality, Social Inclusion, Society, Politics, Philosophy, and Development. Published by Sociology Education Study ...