Pinisi Journal of Sociology Education Review
Volume 1, Nomor 2, Juli 2021

PRESENTASI DIRI SECARA ONLINE PADA GURU PENGGUNA TIKTOK DI SMA NEGERI 8 BONE

Andi Irmawati (Universitas Negeri Makassar)
A. Octamaya Tenri Awaru (Univeristas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2021

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui:  1)  Faktor  pendorong  guru memilih aplikasi tiktok sebagai alat untuk mempresentasikan diri secara online di SMA Negeri 8 Bone. 2) Dampak yang dirasakan oleh guru setelah menggunakan aplikasi tiktok di SMA Negeri 8 Bone. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria guru pengguna tiktok di SMA Negeri 8 Bone. Jumlah informan sebanyak 7 orang guru pengguna tiktok. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi.   Data   yang   diperoleh   dalam   penelitian   ini   dianalisis   dengan menggunakan   analisis   desktiptif   kualitatif   dengan   tahapan   mereduksi   data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Faktor pendorong guru memilih aplikasi tiktok sebagai alat untuk mengaktualisasikan diri secara online terdiri dari faktor internal yakni rasa ingin tahu dan penghilang kejenuhan sedangkan faktor eksternal yakni mengikuti trend dan ingin terkenal. 2) Dampak yang dirasakan oleh guru setelah menggunakan  aplikasi  tiktok  terdiri  dari  dampak positif  yakni  lebih kreatif dan sebagai media hiburan sedangkan dampak negatif yakni tidak sesuai dengan peran guru dan kurangnya manajemen waktu..

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jser

Publisher

Subject

Education

Description

Pinisi Journal of Sociology Education Review providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about Sociology, Culture, Family, Gender Equality, Social Inclusion, Society, Politics, Philosophy, and Development. Published by Sociology Education Study ...