Pinisi Journal of Sociology Education Review
Volume 1, Nomor 3, November 2021

KONTRIBUSI KOMITE SEKOLAH TERHADAP PENGEMBANGAN SEKOLAH DI SMA NEGERI 7 GOWA

Nurwinda Sari (Universitas Negeri makassar)
Supriadi Torro (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kontribusi  Komite Sekolah Terhadap Pengembangan Sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Gowa dan 2) Faktor Penghambat Komite TerhadapPengembangan Sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Gowa. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian tipe deskriftif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 7 orang yang ditentukan melalui tekhnik purposive sampling dengan kriteria informan yaitu pengurus inti komite sekolah, kepala sekolah, orantua  siswa atau wali siswa. Data dikumpulkan melalui  wawancara dan dokumentasi. Tekhnik analisis data dengan kondensasi, penyajian dan kesimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: a) kontribusi komite sekolah terhadap pengembangan sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Gowa dapat dilihat; 1) Memberikan nasehat  kepada kepala sekolah, guru  dan siswa dalam mengikuti peraturan sekolah;  2) Memberikan dukungan terhadap pengembangan sekolah baik dalam bentuk pikiran, tenaga dan Materil, memalui pembangunan mushallah sekolah 3) Memberikan pengawasan melalui penggunaan dana BOS dan juga terhadap pembangunan gedung  sekolah  dan 4) Sebagai mediator atau menjembatani permasalahan antara sekolah dengan masyarakat. Dan b) faktor penghambat komite sekolah terhadap pengembangan sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Gowa yakni: 1) Kurang pedulinya kepala sekolah terhadap saran yang diberikan oleh Komite Sekolah terhadap pengembangan Sekolah SMA Negeri 7 Gowa. 2) Kendala waktu komite sekolah dalam memberikan pengawasan terhadap pengembangan sekolah SMA Negeri 7 Gowa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jser

Publisher

Subject

Education

Description

Pinisi Journal of Sociology Education Review providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about Sociology, Culture, Family, Gender Equality, Social Inclusion, Society, Politics, Philosophy, and Development. Published by Sociology Education Study ...