Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Adaptasi yang terbentuk dalam proses pembelajaran sosiologi di SMAN 14 Sinjai pada masa pandemi covid-19 dan 2) Faktor yang menjadi penghambat dalam adaptasi dalam proses pembelajaran sosiologi akibat pandemi covid-19 di SMAN 14. Jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Adapun jumlah informan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah informan terdiri dari 7 orang, dengan kriteria yakni; a) Guru sosiologi di SMAN 14 Sinjai. b) Siswa kelas IPS dengan nilai tertinggi dalam pembelajaran sosiologi selama pandemi covid-19 di SMAN 14 Sinjai. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, dokumentasi, serta wawancara. Data yang telah diperoleh dalam penelitian ini dianalisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan tahapan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi penyimpanan data. Serta pengecekan keabsahan data digunakan member check. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, 1) Adaptasi yang terbentuk dalam proses pembelajaran sosiologi di SMAN 14 Sinjai pada masa pandemi covid-19 yakni, a) Metode pembelajaran, b) media pembelajaran, dan c) Evaluasi pembelajaran. 2) Faktor yang menjadi penghambat dalam adaptasi dalam proses pembelajaran sosiologi akibat pandemi covid-19 di SMAN 14 yakni a) masalah kouta internet, dan b) masalah jaringan internet tidak stabil. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022